Monday, June 20, 2016

Pakai Nitrogen, Tekanan Ban Tidak Naik Berlebihan Kalau Panas

Pakai Nitrogen, Tekanan Ban Tidak Naik Berlebihan Kalau PanasJakarta - Agar kondisi ban tetap prima saat digunakan, perawatan perlu dilakukan. Utamanya soal tekanan angin pada ban.

Jika kita melihat saat ini, di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terdapat pengisian tekanan angin dengan menggunakan nitrogen. Seberapa bagus tekanan angin Nitrogen dibanding dengan pengisian angin pada umumnya?

Kepada detikOto, Business Service Manager PT Gajah Tunggal Tbk Aries Abdullah menganjurkan bagi pemilik kendaraan baik mobil ataupun motor untuk mengisi tekanan angin dengan menggunakan nitrogen.

Sebab menurutnya, molekul pada nitrogen lebih besar dibandingkan oksigen yang membuat lebih sulit untuk menembus karet ban.

"Untuk perawatan ban, tiap 2 minggu sekali cek ban dan tekanan angin. Angin itu akan hilang dengan sendirinya. Kalau mau yang lebih aman, pakai angin khusus nitrogen. Molekul nitrogen lebih besar daripada molekul oksigen. Otomatis dia untuk bisa menembus karet itu lebih sulit maka dia bisa tahan lebih lama," ujar Aries.

Selain itu, keunggulan pengisian angin ban dengan nitrogen yakni kondisi panas tidak mengakibatkan tekanan angin naik secara berlebihan.

"Pada saat kondisi sedikit panas, dia enggak mengakibatkan tekanan angin naik berlebihan. Jadi lebih bagus. Kalau untuk berapa tekanan angin yang diperlukan untuk pengisian nitrogen, itu sama saja," kata Aries.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment