Thursday, January 3, 2013

Begini Posisi Kursi Luxio yang Asli

Begini Posisi Kursi Luxio yang Asli Jakarta - Untuk menampung lebih banyak penumpang, Daihatsu Luxio bernopol F 1622 CY dimodifikasi bagian kursinya. Padahal aslinya, Luxio memiliki tiga baris kursi yang semuanya menghadap ke depan.

Khusus untuk Luxio tipe termewah yakni tipe X, semua kursinya memiliki sabuk pengaman, hanya tipe D (terendah) saja yang tidak memiliki sabuk pengaman 3 point ELR (Emergency Locking Retractor) di kursi belakangnya, dengan ELR ini sabuk pengaman akan otomatis terkunci ketika terjadi hal darurat seperti mobil terhenti mendadak.

Sementara di Luxio yang ditabrak oleh BMW X5 yang dikendarai Rasyid Rajasa di baris ketiga diposisikan berhadap-hadapan dan ada penambahan kursi kecil di antara baris pertama dan kedua.



Memang jika melihat posisi kursi-kursi itu sangat berisiko, apalagi tidak dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Kepala Divisi Penjualan Domestik PT Astra Daihatsu Motor Rio Sanggau sebelumnya mengatakan kalau dirinya dan tim teknis Daihatsu baru melihat kondisi mobil itu dari foto-foto yang beredar.

"Saya lihat dari foto-fotonya, bangku baris ketiganya kelihatannya hadap-hadapan. Itu bukan standar kita. Dan kita tidak ada standar untuk bangku hadap-hadapan. Saya tidak tahu dia bikinnya dimana," kata Rio.

"Karena kita tidak ada standar untuk bangku yang berhadapan seperti itu, kalau ada konsumen yang minta dibuatkan seperti itu, kita juga tidak bisa. Karena sebagai pabrikan, banyak aspek yang harus kita pikirkan," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment