Thursday, January 3, 2013

Skutik Makin Moncer, Motor Bebek Kehilangan Sayap

Skutik Makin Moncer, Motor Bebek Kehilangan Sayap Jakarta - Motor skuter tanpa gigi diprediksi akan makin bertaji. Tahun ini, dominasi skutik diprediksi akan makin menguat sementara model cub (bebek) yang selama berpuluh tahun menguasai pasar motor Indonesia akan makin meredup.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) bidang Komersial Sigit Kumala memaparkan kalau model skutik diprediksi akan makin dominan di tahun ular air.

"Total penjualan tahun lalu belum keluar, tapi kemungkinan skutik ada di angka 57-58 persen. Tahun ini angka itu kemungkinan akan naik jadi sekitar 65 persen," ujar Sigit kepada detikOto.

Dilain sisi, persentase model cub atau bebek diprediksi akan makin menurun. Bila di tahun lalu kemungkinan total penjualan bebek ada diantara 31-32 persen, tahun ini angkanya diproyeksi akan makin menyusut menjadi 27 persen.

"Pasarnya (bebek) diambil matik. Sisanya diambil sport," lugas Sigit.

Meski hasil akhir belum rampung dihitung, tahun 2012, pasar motor Indonesia kemungkinan ada diangka 7,1 juta unit, turun dari penjualan motor di 2011 yang berada di angka 8 juta unit.

"Tahun ini awalnya kita memprediksi penjualan motor akan sama seperti tahun lalu, di 7,1 juta unit. Tapi setelah ada pengumuman DP syariah mau dinaikkan juga, sepertinya target kita bakal terkoreksi.

DP kendaraan sendiri sebelumnya sudah dinaikkan oleh Bank Indonesia pada 15 Maret dan berlaku pada 15 Juni 2012 silam.

Pada aturan ini, ambang batas uang muka kredit kendaraan di bank konvensional untuk keperluan konsumtif naik menjadi 25 persen untuk kendaraan roda dua dan 30 persen untuk kendaraan roda empat.

Kebijakan itu lalu diikuti oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) yang menetapkan aturan serupa untuk kredit melalui lembaga pembiayaan (leasing) dengan ambang batas 5 persen lebih rendah dari yang ditetapkan oleh bank.

Bank Indonesia kemudian juga mengumumkan kalau di Januari ini akan menaikkan pula ambang batas uang muka kredit kendaraan untuk sistem syariah agar sama dengan sistem konvensional. Kebijakan ini kemungkinan juga akan kembali diikuti oleh leasing.

Bila begitu, DP kendaraan bermotor dipastikan akan naik. "Karena kebijakan ini, target awal kita itu kemungkinan akan terkoreksi sekitar 15 persen," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment