Wednesday, January 9, 2013

Ford Focus Telah Diuji Tabrak 12.000 Kali

Ford Focus Telah Diuji Tabrak 12.000 Kali Jakarta - Faktor keamanan kini menjadi sorotan banyak kalangan. Produsen mobil Ford pun sadar benar akan hal tersebut dan menegaskan kalau sedan andalan mereka, Ford Focus sudah memenuhi standar keamanan internasional. Mobil ini bahkan diklaim telah diuji tabrak hingga 12.000 kali.

Teknisi keselamatan Ford di AS dan Jerman menurut Ford telah melakukan pengujian benturan pada all-new Ford Focus hingga lebih dari 12.000 kali baik di dunia nyata dan virtual untuk membuktikan teknologi baru inovatif yang dirancang untuk melindungi penghuni dalam kecelakaan.

Focus baru melewati serangkaian pengujian komprehensif simulasi komputer kendaraan lengkap dan penumpang. Simulasi ini telah menjadi begitu realistis sehingga sejumlah uji benturan kendaraan fisik telah berkurang secara signifikan.

"Mengembangkan Focus untuk memenuhi standar keselamatan global telah menghasilkan peningkatan kinerja kecelakaan membantu melindungi pengguna dalam kecelakaan," kata Matt Niesluchowski, Focus Safety Manager.

"Tim keselamatan Ford mendapatkan awal yang baik dalam bekerja sama di seluruh dunia, yang amat membantu dalam memastikan Focus baru memenuhi atau melebihi serangkaian peraturan keselamatan global yang kompleks," katanya lagi.

Ribuan simulasi dan benturan computer aided engineering (CAE) memungkinkan teknisi untuk menguji ratusan desain. Uji benturan fisik, dilakukan setelah serangkaian simulasi virtual, memverifikasi dan memvalidasi simulasi komputer untuk memastikan setiap kebutuhan internal dan eksternal terpenuhi.

"Kami menggunakan lebih banyak simulasi komputer dari sebelumnya untuk mengoptimalkan desain dari semua komponen yang membentuk sebuah kendaraan untuk membantu meningkatkan keselamatan," tambah Niesluchowski.

"Kompleksitas uji benturan, dengan interaksi ratusan bagian dan sistem, masih memerlukan pengujian fisik untuk memvalidasi hasil simulasi tersebut," ujarnya.

Sistem keamanan Focus sendiri mencakup serangkaian inovasi keselamatan baru, yang mencakup airbag pengendara generasi baru dengan peningkatan teknologi perlindungan dada. Airbag baru menggunakan sistem curve-shaped tether yang telah direkonfigurasi yang menarik bagian bawah untuk menciptakan “poket” yang membantu mengurangi benturan airbag pada dada dan rusuk pengendara saat terjadi tabrakan dari depan.

Selain airbag baru, struktur kendaraan Focus baru menyediakan peningkatan perlindungan benturan dengan penguatan pilar B, bagian struktural utama yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi yang diproduksi menggunakan proses 'tailor rolling' yang inovatif.

Proses ini memungkinkan variasi ketebalan pelat baja di sepanjang panjangnya, sehingga komponen memiliki peningkatan kekuatan di bagian yang mendapatkan beban terbesar.

Baja berkekuatan tinggi mencakup 55 persen dari kerangka bodi Focus, dengan baja berkekuatan sangat tinggi dan baja boron digunakan sampai lebih dari 26 persen dari struktur rangka. Bahan canggih ini membantu struktur memenuhi peraturan tabrakan di seluruh pasar dunia sekaligus meminimalkan bobot kendaraan untuk membantu memaksimalkan penghematan bahan bakar.

Disamping dua hal tadi, All-new Focus dikatakan juga menampilkan serangkaian lengkap teknologi keselamatan aktif yang canggih untuk membantu pengemudi mempertahankan kendali yang aman dari kendaraan dan menghindari situasi tabrakan.

Sistem Electronic Stability Program, fitur standar di seluruh model yang dilengkapi dengan transmisi otomatis, yang canggih menggunakan logika cerdas untuk memantau kemajuan kendaraan dan mengaplikasikan intervensi secara efektif - dan sering kali tidak terasa - jika diperlukan.

Berbagai fitur keamanan seperti Anti-Lock Brake System termasuk Electronic Brakeforce Distribution dan Corner Brake Control, Emergency Brake Assist, Electronic Brake Prefill dan Emergency Brake Warning, Traction Control System yang terdiri dari Engine Traction Control System dan Brake Lock Differential serta Torque Vectoring Control ada di mobil ini.

Begitu pula dengan fitur Engine Drag torque Control, Hydraulic Rear-Axle Boost dan Hill Launch Assist.


0 comments:

Post a Comment