Wednesday, January 9, 2013

Pakai Ponsel Saat Nyetir, Wanita Inggris Dipenjara

Pakai Ponsel Saat Nyetir, Wanita Inggris Dipenjara London - Ketika mengemudi, jauhi ponsel karena itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Nasib wanita Inggris ini bisa dijadikan contoh. Dia dipenjara 3 tahun karena mengemudi sambil mengirim pesan lewat ponselnya.

Wanita yang bernama Susan Noble itu dihukum penjara 3 thaun karena mengirim pesan teks saat dirinya sedang berkendara. Bukan apa-apa, kebiasaan yang berbahaya itu memakan korban. Seorang warga rumania bernama Alexandru Braninski tertabrak oleh Susan yang sedang memainkan ponselnya.

Hukuman untuk kejadian yang terjadi di akhir Desember 2011 itu baru diputus di pengadilan Teesside Crown Court.

Susan dianggap menerapkan cara mengemudi yang berbahaya dan dia pun sudah mengaku bersalah karena menyebabkan kematian Alexandru Braninski akibat hal itu.

Kecelakaan sendiri terjadi ketika Skoda Octavia yang dikendarai Alexandru Braninski sedang ada di pinggir jalan karena ban bocor. Mobil yang sedang berhenti itu tiba-tiba ditabrak oleh Ford Fiesta yang sedang dikemudikan Susan.

Polisi yang datang ke lokasi pun langsung mencari penyebab tabrakan tersebut dan akhirnya mengetahui kalau Susan sedang menggunakan ponsel untuk bertukar pesan teks dengan seorang teman sesaat sebelum tabrakan terjadi.

Selain dipenjara selama 3 tahun, SIM Susan juga ditarik selama 6 tahun dan dia harus mengambil kembali tes mengemudi.

"Susan Noble telah menerima sepenuhnya bahwa dia bertanggung jawab atas kematian tragis Mr Braninski karena kesalahan serius," kata John Lumbard, seorang sersan di North Yorkshire Police seperti detikOto kutip dari Daily Mail.

"Saya ingin tragedi ini untuk mengirim pesan yang sangat jelas kepada para pengendara yang bisa menggunakan ponsel saat mengemudi karena dapat mengakibatkan konsekuensi yang mengerikan. Penelitian dari seluruh dunia telah menunjukkan dari waktu dan waktu bahwa perilaku ini menyebabkan pengendara kehilangan konsentrasi di jalan," tambahnya.

"Idealnya Anda harus mengaktifkan mode turn off saat Anda mengemudi sehingga Anda tidak terganggu oleh panggilan tak terduga. Namun, jika Anda harus menggunakan telepon saat bepergian, adalah penting bahwa Anda menggunakan hands-free kit," lugasnya.

0 comments:

Post a Comment