Friday, January 4, 2013

'Semoga Red Bull Tidak Lagi Menang'

Jakarta - Bernie Ecclestone berharap dominasi Red Bull di balapan Formula 1 berakhir di tahun 2013 ini. Sebagai gantinya, dia mendukung Ferrari untuk kembali berjaya.

Red Bull menyapu bersih semua gelar juara dunia dalam tiga musim terakhir balapan F1. Sejak tahun 2010, tim tersebut mengantar Sebastian Vettel jadi juara dunia pebalap dan menyempurnakannya dengan meraih titel juara dunia konstruktor.

Melihat kekuatan Red Bull di akhir musim 2012, tim tersebut diprediksi akan kembali jadi kandidat kuat juara di tahun ini. Kondisi yang diharapkan Bernie ecclestone tidak akan terulang.

"Setelah tiga tahun dominasi oleh Red Bull, itu tidak akan menjadi hal yang buruk jika kita mendapatkan perubahan di posisi puncak olahraga ini, mungkin dengan Ferrari menjadi pemimpin lagi," sahut Ecclestone dalam wawancaranya dengan Corriere della Sera.

Pernyataan Bernie ini bertentangan dengan tuduhan yang belakangan mengarah padanya lantaran dia dianggap 'berpihak' pada Red Bull. Dalam sebuah kesempatan di akhir musim 2012, menyusul kontroversi pada balapan terakhir di Interlagos, Bernie menyebut kalau Vettel layak menjadi juara dunia pebalap.

"Yang saya katakan (ketika itu) hanya mereka pantas memenangi gelar juara dunia pebalap dan konstruktor lagi. Dan saya juga tidak setuju dengan sikap Ferrari yang mengajukan banding atas tuduhan pelanggaran aturan, yang sesungguhnya tidak dilakukan Vettel di Interlagos," lanjut Bernie.

Bernie Sambut Kemungkinan Alonso Geser Vettel di 2013

Bos F1 Bernie Ecclestone dikenal berteman dengan Sebastian Vettel. Tetapi setelah dominasi Vettel, Ecclestone menyambut positif adanya kemungkinan bergantinya kampiun musim depan.

Musim lalu Vettel menjadi kampiun, membuat dirinya sukses merangkai tiga gelar juara dunia secara beruntun. Red Bull, timnya, sekaligus juga mencatatkan tiga gelar juara dunia konstruktor secara berturut-turut.

"Saya telah menjelaskan bahwa Vettel adalah seorang juara sejati, tapi ia masih muda dan cuma bisa terus berkembang dalam aspek menjadi seorang karakter di olahraga ini dan juga aspek kepribadiannya," kata Ecclestone kepada Corriere della Sera yang dikutip ESPN F1.

Keberhasilan Vettel di musim 2012 ia capai setelah mengalahkan Alonso yang membalap untuk Ferrari. Untuk musim depan, Ecclestone pun menyambut adanya kemungkinan Alonso dan Ferrari mematahkan dominasi dari Vettel dan Red Bull.

"Untuk Alonso, setelah tiga tahun dominasi oleh Red Bull, takkan terlalu buruk jika kami mendapatkan pergantian di posisi teratas, mungkin dengan Ferrari kembali memimpin," lugasnya.

0 comments:

Post a Comment