Friday, January 4, 2013

Toyota dan Audi Kembangkan Mobil yang Bisa Melaju Sendiri

Toyota dan Audi Kembangkan Mobil yang Bisa Melaju Sendiri Detroit - Era mobil yang bisa berjalan tanpa dikemudikan manusia kini makin dekat. Setelah Google dan Volvo memperlihatkan teknologi itu, kini giliran Toyota dan Audi yang bersiap untuk memperlihatkannya.

Era mobil yang bisa secara otonom berjalan tanpa dikemudikan manusia memang sudah digadang-gadang akan segera datang dan teknologi yang memungkinkan mobil untuk berjalan mandiri pun diprediksi akan menjadi teknologi standar sebuah mobil di masa depan.

Toyota dan Audi seperti dilansir The Wall Street Journal dan dikutip CNET, pun tidak mau ketinggalan untuk ikut serta menyongsong tren masa depan itu. Teknologi serupa pun menurut rencana akan mereka perlihatkan di ajang Consumer Electronics Show yang akan digelar Las Vegas tidak lama lagi.

Untuk Toyota, produsen asal Jepang itu akan memutar video yang menunjukkan salah satu mobil Lexus yang sarat dengan berbagai sensor. Pernyataan "Penelitian 'advanced active safety' akan memimpin industri ke era baru (mobil) otomatis."

Sementara itu, Audi menurut perwakilannya dikatakan juga akan memperlihatkan kemampuan yang sama di acara itu, termasuk kemampuan agar mobil dapat mencari tempat parkir sendiri dan kemudian memarkir dirinya sendiri tanpa perlu ada manusia dibalik kemudi.

Sebelumnya, Google juga sudah melakukan serangkaian uji coba pada mobil otonom sejak 2009 dengan menggunakan banyak perlengkapan canggih. Mobil otonom seperti ini diperkirakan akan mengurangi jumlah kecelakaan di dunia.

Sebab, ketika manusia tidak berkonsentrasi mengemudi akibat banyak hal, peran itu bisa digantikan oleh komputer seperti auto-pilot di pesawat. Dan negara bagian Nevada di Amerika adalah wilayah pertama yang secara resmi mengizinkan mobil seperti ini untuk bebas berlalu-lalang di wilayahnya.

0 comments:

Post a Comment