Monday, February 25, 2013

Pengendara Jangan Takut Polisi, Tapi Harus Takut pada Kecelakaan

Pengendara Jangan Takut Polisi, Tapi Harus Takut pada Kecelakaan Jakarta - Kepolisian mengimbau kepada masyarakat terutama pengendara motor untuk lebih mengutamakan keselamatan berkendara. Jangan sampai ada kesan pengguna motor lebih takut polisi daripada kecelakaan.

"Masyarakat itu jangan takut kepada polisi tapi takutlah kepada kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu mulailah untuk mengutamakan keselamatan berkendara di jalan," tegas Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Pudji Hartanto di sela-sela seminar Road Safety yang diselenggarakan oleh Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) di Jakarta, Senin (25/2/2013).

Pudji melanjutkan pemaparannya, masyarakat Indonesia itu banyak yang takut kepada polisi.

Jika bertemu polisi di jalan langsung menggunakan peralatan berkendara seperti helm, menyalakan lampu utama dan lain-lain tapi jika tidak ada polisi semuanya dihiraukan.

"Mau ada polisi maupun tidak Anda semua harus tetap mengutamakan keselamatan berkendara dan mulailah bersikap bertanggung jawab atas keselamatan bersama," ujarnya.

Selain itu, Pudji juga menyarankan untuk mewujudkan ini semua perlu ada keterlibatan dari berbagai pihak terutama pabrikan yang bergerak di bidang otomotif.

"Ini juga perlu adanya keterlibatan dari berbagai instansi terutama dibidang otomotif. Bukan masalah batasannya tapi bagaimana memperhatikan cara berkendara yang baik dan benar," tukasnya.

Sementara itu, masyarakat Indonesia juga dituntut untuk mau bagaimana mengubah budaya berkendara yang benar.

"Jangan kebut-kebutan, selap selip di jalan dan gunakan perlengkapan berkendara yang baik dan benar," tutupnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment