Wednesday, March 20, 2013

10 Mobil Tanpa Sopir Pantau Perbatasan Israel

10 Mobil Tanpa Sopir Pantau Perbatasan Israel Gaza - Produsen mobil global yang bekerjasama dengan Google kini tengah sibuk menguji coba sebuah mobil teknologi tanpa sopir. Mobil tersebut digadang-gadang sebagai mobil masa depan. Namun di balik serunya pengembangan dari masing-masing produsen mobil, ternyata teknologi ini sudah digunakan oleh tentara Israel lebih dulu.

Kendaraan autonomous yang dijuluki Guardian UGV. Tentara Israel sendiri sudah memiliki 8-10 unit mobil tanpa sopir untuk menjaga perbatasan antara Israel dan jalur Gaza.

Dilansir carscoops, Rabu (20/3/2013) mobil canggih ini didanai oleh Departemen Pertahanan Israel. Selain untuk memantau kondisi perbatasan, G-Nius diperbantukan untuk menyelamatkan nyawa tentara ketika mereka dalam kondisi berbahaya.

Informasi yang didapat jika Israel telah mengembangkan mobil tersebut sejak 30 tahun lalu, dan pada 2008 pihak Departemen Pertahanan Israel baru serius memperbanyak mobil berteknologi canggih tersebut.

Untuk diketahui, bodi dan rangka mobil itu sendiri diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama G-Nius, sedangkan sistem komputer dikembangkan oleh Ben-Gurion University of the Negev.

Meski bisa dikendalikan jarak jauh, kabin mobil ini sesungguhnya bisa menampung 2 orang. Seorang pengembang Hugo Guterman mengatakan 2 orang tersebut salah satunya bisa mengendalikan kendaraan secara manual dan 1 lagi bisa menavigasi medan dan mengumpulkan informasi dari kamera mobil dan sensor yang tersemat. Informasi yang didapat akan dikirim ke pusat, selanjutnya kantor pusat akan mengirimkan data ke pesawat tempur. Dan pesawat tempur pun bertindak untuk mengebom daerah yang dianggap bahaya oleh tentara Israel.

Mobil tanpa sopir G-Nius ini bisa berpatroli di hutan, perkotaan yang notabenenya banyak jalan sempit. Guterman tidak menjelaskan apakah mobil ini bisa menyimpan perlengkapan persenjataan layaknya tank perang, atau memang hanya dikhususnya untuk berpatroli.


(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment