Wednesday, March 20, 2013

Honda: Sistem Hybrid Kami Berbeda dari Toyota

Honda: Sistem Hybrid Kami Berbeda dari Toyota Hiroshima - Dua rival lama, Toyota dan Honda mematenkan motor listrik ciptaannya. Honda pun mengklaim kalau sistem hybrid mereka berbeda dari milik Toyota.

Honda baru beberapa hari lalu mengumumkan sistem two-motor hybrid (HV). Chief Engineer Hiroo Shimada dari Honda R & D pun mengklaim kalau sistem mereka berbeda secara fundamental dengan paten yang dimiliki oleh Toyota. Karena itu, seharusnya tidak perlu menjadi masalah.

Honda mengatakan kalau selain konfigurasi single-motor, Honda juga memang sudah mengembangkan two-motor dan three-motor. Sistem two-motor pertama kali diadopsi oleh Accord di Jepang.

Pada dasarnya, sistem two-motor memungkinkan dua motor listrik berbagi peran dimana satu motor listrik menghasilkan tenaga dan satu lagi menghasilkan listrik.

Nah, pada sistem two-motor di Honda, ada tiga mode drive termasuk HV Drive dimana mesin memberikan kekuatan pada motor untuk memproduksi listrik.

Di sisi lain mode Engine Drive digunakan semata-mata untuk memberikan kekuatan bila pengendara inginn mengebut dengan kecepatan tinggi.

Sebaliknya, sistem HV Toyota menggunakan mekanisme yang disebut gigi epicyclic untuk menghasilkan efisiensi optimal dan kekuatan dari mesin dan dua motor.

"Perbedaannya terletak dalam sistem kami yang dirancang agar mesin dan motor masing-masing digunakan dalam situasi yang paling cocok berdasarkan pada kondisi mengemudi," jelas Shimada.


(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment