Thursday, March 14, 2013

Ban Tanpa Udara Mulai Produksi Tahun Depan

Ban Tanpa Udara Mulai Produksi Tahun Depan Jakarta - Teknologi ban untuk mobil dan motor semakin maju. Seperti ban tanpa udara yang sudah terdengar sejak tahun 2005 lalu. Kabarnya ban tanpa udara untuk mobil dan motor tersebut akan kita segera miliki.

Adalah salah satu produsen kendaraan offroad, Polaris yang berjanji akan mulai produksi ban tersebut tahun depan. Polaris mengungguli produsen ban Bridgestone dan Michelin yang mulai mengembangkan ban tersebut pada 2005 silam. Namun hingga kini belum juga produksi massal.

Polaris akan produksi ban Non-Pneumatic Tire (NPT), dimana ban tersebut tidak menggunakan udara pada ban umumnya, melainkan memanfaatkan serat khusus yang disebut resin termoplastik sebagai pengganti udara. Ban tersebut serupa dengan yang dikembangkan oleh Bridgestone dan Michelin.

Komponen yang berbentuk serat tersebut akan mengisi kekosongan pada ban. Nah, bahan tersebut diklaim kuat dan tahan lama bahkan hingga terkena paku sekalipun.

Diberitakan, bahan baku resin termoplastik dimaksud memiliki tekstur yang kenyal, ada juga yang agak keras sesuai kebutuhan pemakaian.

Jadi jelas betul jika pemiliki mobil tidak perlu membawa ban cadangan.

"Ban bekerja mirip ban sepeda, dimana beban bertumpu pada bagian atas roda," kata Juru Bicara Polaris Jason Difuccia dilansir motorauthority, Kamis (14/3/2013).

"Sementara bagian bawah roda dirancang untuk menyerap benturan dari batu, trotoar dan medan lainnya," ucapnya.

Belum ada rincian harga pada ban masa depan tersebut.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment