Thursday, March 14, 2013

Polisi Amerika Tak Lagi Pakai Harley

Polisi Amerika Tak Lagi Pakai Harley Georgia - Para polisi Amerika Serikat secara tradisional menggunakan motor besar Harley-Davidson yang memang merupakan motor asal Amerika Serikat. Namun nampaknya pamor Harley di mata polisi kian meredup. Honda kini menjadi pilihan banyak kantor polisi di negeri Paman Sam.

The Augusta Chronicle melaporkan kini telah banyak kantor polisi yang sudah beralih ke motor Honda dari kebiasaan menggunakan Harley.

Kantor sheriff di Richmond County, Georgia bahkan terakhir kali membeli motor Harley di tahun 2008 karena mulai tahun 2009 mereka menggunakan Honda ST1300 sebagai kendaraan dinas.

Secara harga, motor Honda ini memang terbilang lebih mahal sekitar US$ 2.300 dibanding motor Harley. Tapi urusan safety, kinerja dan handling menjadi alasan perpindahan hati itu.

Terlebih, motor Honda sudah menggunakan pendingin air atau liquid-cooled, sedangkan Harley masing berpendingin udara.

Sistem pendingin ini dianggap masalah besar terlebih bila sedang musim panas atau ketika petugas harus berkendara pada kecepatan rendah.

Selain itu, Kopral Michael Lewis seperti dilansir Autoevolution mengakui kalau Honda memiliki akselerasi yang lebih cepat dibanding motor Harley yang membutuhkan waktu untuk mencapai kecepatan tinggi ketika petugas harus mengejar penjagat.

Terlebih, posisi setang, handling, hingga daya pengereman menjadikan Honda sebagai pilihan pengganti Harley yang sudah lahir sejak 1908 ini. Tentu ini bukan berita yang menyenangkan di saat Harley tengah bersiap merayakan ultah ke-110 tahun ini.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment