Sunday, April 21, 2013

Daihatsu Resmikan Pabrik Baru & Pusat R&D di Karawang

Daihatsu Resmikan Pabrik Baru & Pusat R&D di Karawang Karawang - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya meresmikan pabrik perakitan kendaraan terpadu Karawang Assembly Plant (KAP) di kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono dengan didampingi Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company (DMC) Koichi Ina serta Presiden Direktur ADM Sudirman MR.

Pabrik seluas 7 hektar yang berdiri di atas lahan 94 hektar ini memiliki fasilitas terpadu yang mampu melakukan semua proses produksi kendaraan roda 4 seperti proses Stamping, Welding, Painting dan Assembling dengan menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact).

Untuk pusat penelitian dan pengembangan (Research & Development Center) Daihatsu memiliki fasilitas R&D Styling Building, design experiment building dan track course awal sepanjang 1 km.

Pembangunan R&D Center Daihatsu ini merupakan komitmen Daihatsu untuk memajukan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di luar Jepang.

"Pembangunan pabrik baru ini telah menelan investasi lebih dari 2,1 triliun sejak pemerancangan tiang pertama tahun 2011 lalu dan secara bertahap akan memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit pertahun dan akan menambah kapasitas produksi total pabrik dari 340.000 unit pertahun menjadi 460.000 unit per tahun," beber Presiden Direktur ADM Sudirman MR di Karawang, Jawa Barat, Senin (22/4/2013).

Sementara itu, dalam industri otomotif Indonesia, Daihatsu melibatkan 165 perusahaan pemasok lapis pertama dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua yang mempekerjakan lebih dari 700.000 orang karyawan.

"Desain pabrik baru Daihatsu ini telah disesuaikan dengan kondisi Indonesia dan menjadi pabrik mobil yang ideal sebagai salah satu aset nasional kebanggan bangsa Indonesia," pungkasnya.

(ady/ikh)

0 comments:

Post a Comment