Tuesday, April 23, 2013

Ini Tampang Porsche Panamera yang Irit BBM

Ini Tampang Porsche Panamera yang Irit BBM Shanghai - Meski berstatus sebagai mobil sport, bukan berarti harus boros bahan bakar. Mungkin itulah gambaran dari mobil baru dari Porsche ini, Panamera S E-Hybrid.

Mobil anyar asal Jerman tersebut diperlihatkan Porsche di Shanghai Auto Show yang baru saja digelar. Panamera generasi kedua ini memiliki tenaga mampu membuatnya berlari kencang.

Walau memiliki tenaga yang besar, Porsche mengklaim kalau Panamera S E-Hybrid akan menetapkan standar baru di dalam efisiensi, performa dan kenyamanan mengoperasikan sebuah kendaraan mewah.

Sebab, Panamera S E-Hybrid merupakan pengembangan paralel full hybrid yang sistematis dengan motor elektrik dengan daya yang besar, batere dengan performa lebih tinggi yang memasok lebih banyak energi dan kemampuannya untuk mengisi batere secara eksternal dari grid listrik.

Motor listrik yang digendong mobil ini memproduksi 95 tenaga kuda (70 kW) yang berarti lebih dari dua kali daya bila dibandingkan dengan motor listrik model sebelumnya dengan daya 47 tenaga kuda (34 kW).

Saat terkoneksi ke outlet industrial, kendaraan ini dapat diisi baterenya dalam kurang lebih dua setengah jam via charger on-board terpadu dan Porsche Universal Charger (AC) standar, dan batere dapat diisi ulang kurang dari empat jam saat terhubung dengan outlet listrik rumah tangga konvensional di Jerman.

Efisiensi ala motor listrik itu kemudian berpadu dengan mesin V6 berkapasitas 3.0 liter. Jadi ada dua tempat pengisian di mobil ini, kiri untuk tenaga listrik dan kanan untuk mesin bakarnya.

Dan karena ini adalah sebuah mobil hybrid, maka konsumsi bahan bakarnya pun jadi lebih irit. Mobil ini hanya butuh 3,1 liter bensin saja untuk berjalan sejauh 100 km, meningkat drastis dari mobil sebelumnya yang bukan hybrid yang tercatat membutuhkan 7,1 liter untuk 100 km pada pengetesan berstandar NEDC.

Tenaga listrik yang ada di baterainya juga bisa membawa mobil ini berjalan antara 18-36 km tanpa menghidupkan mesin bakarnya.

Namun meski irit, kemampuan lari mobil ini tetap dijaga. Akselerasi dari diam sampai 100 km/jam dapat ditempuhnya hanya dalam kwatu 5,5 detik saja dengan kecepatan puncak hingga 270 km/jam.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment