Tuesday, April 23, 2013

Mobil Sport Bertenaga Listrik Ini Bisa Berlari Sampai 250 Km/Jam

Mobil Sport Bertenaga Listrik Ini Bisa Berlari Sampai 250 Km/Jam Jakarta - Cukup jarang nama kota dijadikan sebuah merek, apalagi itu merek mobil. Biasanya, nama pendirinya yang dijadikan merek. Hal itu terjadi pada Detroit. Sebuah merek mobil listrik anyar.

Kebaruan merek ini mungkin tidak terlalu benar, sebab Detroit Electric sebenarnya sudah berdiri lebih dari 100 tahun lalu. Namun sempat mati di 1939, dan baru kembali berdiri di 2007 setelah didirikan kembali oleh CEO Lotus Engineering Group Albert Lam dan mendapatkan suntikan dana dari perusahaan asal China, Youngman.

Dan sebagai gebrakan, merek ini pun memperlihatkan mobil sport bertenaga listrik milik mereka, Detroit SP:01.

Dibangun dari platform Lotus Elise, mobil ini diklaim hanya butuh 3,7 detik untuk berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam, mirip dengan Tesla Roadster.

Sementara topspeed mobil ini mencapai 250 km/jam. Cukup kencang untuk sebuah mobil listrik.

Kemampuan Detroit SP:01 ini didapat dari mobil listrik yang menghasilkan tenaga setara dengan 201 bhp dengan torsi 166 lb-ft yang disalurkan melalui transmisi manual 4-speed. Namun transmisi otomatis 2-speed juga mereka sediakan.

Menurut rencana, mobil yang diperlihatkan di Shanghai Auto Show ini akan diproduksi sebanyak 999 unit dengan harga mulai dari US$ 135 ribu dengan produksi yang dimulai pada Agustus mendatang di Detroit, Amerika Serikat.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment