Friday, June 28, 2013

VW dan GM Dituding Selewengkan Dana Subsidi

VW dan GM Dituding Selewengkan Dana Subsidi Jakarta - Dua pabrikan besar, Volkswagen dan General Motors (GM) dituduh menggunakan dana subsidi kendaraan ramah lingkungan yang diberikan oleh pemerintah China. Akibat penyalah gunaan itu, jutaan dolar telah tersedot.

Distributor VW dan GM di China, Shanghai VW dan Shanghai GM dituduh telah menggunakan dana pemerintah secara ilegal terkait subsidi kendaraan hemat energi yang efisien.

Laporan dari Kantor Audit Nasional yang muncul di China Business News dan dilansir China Car Times mengklaim bahwa dealer Shanghai VW menyerap subsidi senilai US$ 2,7 juta untuk lebih dari 5.000 kendaraan. Sementara GM terlibat hanya pada 180 kendaraan dengan nilai 540.000 RMB.

Namun, Shanghai VW dengan cepat membantahnya. Mereka menyatakan bahwa beberapa dealer telah salah mengerti perbedaan antara subsidi penjualan dari produsen dan dari pemerintah.

Shanghai VW mengatakan kalau pihaknya juga memberi subsidi pada mobil-mobil yang mereka jual di China. Nah, beberapa dealer dikatakan mereka telah salah membaca kebijakan itu.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment