Thursday, February 13, 2014

4 Tips Merawat Cat mobil

4 Tips Merawat Cat mobil Jakarta - Pernahkah Anda merasa kurang puas karena warna cat kendaraan yang Anda miliki mulai pudar atau terlihat kusam dan kasar? Kalau jawabannya adalah iya, yuk kita bahas tips merawat cat kendaraan.

Namun sebelumnya, mari kita mengenal dahulu lapisan cat yang ada di tubuh mobil, khususnya di kendaraan baru. Lapisan cat yang disiramkan ke mobil baru biasanya terdiri dari 3 lapisan.

Lapisan pertama adalah lapisan primer (electro-deposition) yang merupakan lapisan dasar permukaan cat. Lapisan ini menurut Muhammad Syafei yang merupakan kepala bengkel Plaza Toyota Tendean berfungsi sebagai adhesi atau perekat antara base metal (plat metal di bagian dasar) dan surfacer serta berguna pula untuk mencegah karat pada kendaraan.

Sementara lapisan kedua atau yang biasa disebut Surfacer fungsinya adalah untuk meningkatkan adhesi antara lapisan primer dan top coat serta untuk menghaluskan permukaan dan mencegah penyerapan top coat ke dasar.

Dan yang terakhir adalah lapisan top coat yang merupakan lapisan paling atas dari sebuah cat. Lapisan ini berbeda ketebalannya sesuai dengan warna cat.

Fungsi dari top coat menurut Syafei adalah untuk memberi daya tutup, memberikan kilau serta kekerasan dan daya tahan terhadap cuaca.

Nah, bila kita sudah tahu apa saja lapisan di cat mobil, maka mari kita bahas tips cara merawatnya.

0 comments:

Post a Comment