Thursday, February 13, 2014

Bagusan Mana, Lepas Ban Cara Tradisional atau Pakai Alat Modern?

Bagusan Mana, Lepas Ban Cara Tradisional atau Pakai Alat Modern?Jakarta - Saat ini kebanyakan pengguna motor masih memasang atau mengganti ban dengan cara standar. Hanya dengan menggunakan alat sekedarnya. Padahal, hal itu ternyata berpengaruh pada umur ban dan merusak pelek.

Marketing Communication Manager Planet Ban Bagus Ardian mengatakan kalau memasang atau mengganti ban memang terkesan sepele. Cara tradisional pun masih digunakan.

Di bengkel, bila kita ingin mengganti ban biasanya ban dikempeskan dulu lalu kunci dimasukkan di sela ban dan pelek. Kemudian ditekan beberapa kali di beberapa bagian pelek.

"Hal yang biasa dilakukan ini sebenarnya berpengaruh pada kondisi pelek dan ban," ujarnya.

Sebab, lanjut Bagus, ketika hal itu dilakukan, pelek tertekan keras. Selain itu bibir ban juga tertekan berlebihan.

"Padahal bibir ban adalah yang paling utama untuk mencegah udara keluar. Ditambah lagi, kalau masih pakai cara tradisional, kondisi kawat yang ada di dalam ban dikhawatirkan juga ikut terpengaruh yang pada akhirnya mengurangi umur ban," jelas Bagus.

Untuk itu, dia menyarankan kalau masyarakat menggunakan mesin modern untuk melepas dan memasang ban dari dan ke pelek.

"Di bengkel besar sebenarnya sudah banyak yang punya, tapi biasanya tidak ditaruh luar, tapi di dalam tokonya," ujar Bagus seraya mengatakan kalau standar di Planet Ban untuk melepas ban dari motor, melepas dan memasang ban ke pelek sampai memasang kembali ke motor sudah bisa dilakukan semuanya dalam 12 menit saja.


0 comments:

Post a Comment