Tuesday, February 25, 2014

Honda Kini Ramah pada Orang Luar Jepang dan Wanita

Honda Kini Ramah pada Orang Luar Jepang dan WanitaTokyo - Jajaran manajemen Honda kini tak lagi didominasi oleh pria-pria Jepang yang sudah senior di Honda. Honda mulai membuka diri pada wanita dan kalangan dari luar Jepang.

Honda mengumumkan nama-nama orang asing pertama dan wanita pertama di jajaran dewan direksi, Senin, di Tokyo. Seperti dilansir Reuters, Honda memilih Issao Mizoguchi sebagai salah satu dari 23 bos operasional.

Honda juga menunjuk, Hideko Kunii, seorang profesor wanita di Institut Teknologi Shibaura untuk masuk dalam jajaran dewan direksi. Kunii akan menjadi salah satu dari dua direktur yang tidak memiliki jabatan eksekutif di dalam perusahaan.

Seperti detikOto beritakan sebelumnya Honda tidak seperti Toyota atau Nissan yang sudah membiarkan orang asing mengisi jabatan puncak. Nissan, misalnya, jabatan CEO dipegang oleh pria keturunan Prancis-Lebanon, Carlos Ghosn. Sementara dari 58 direktur, 15 orang merupakan non Jepang dan salah satunya wanita.

Toyota di sisi lain, memilih pria Amerika Mark Hogan untuk masuk ke jajaran direksi. Dari sekitar 68 direktur dan auditor, 7 adalah orang asing dan satu wanita.

Perusahaan besar Jepang memang tengah didorong untuk mengambil orang asing untuk meningkatkan tata kelola perusahaan, pengelolaan risiko, dibanding mengisi jabatan direksi dengan orang senior asal Jepang yang sudah lama berkarir di perusahaan.

Di Jepang, sekitar 7 persen karyawan dan 0,7 persen dari karyawan selevel manager adalah perempuan.

PM Jepang Shinzo Abe tahun lalu mendesak semua perusahaan terbuka memiliki setidaknya 1 orang wanita yang duduk sebagai eksekutif.


0 comments:

Post a Comment