Monday, February 3, 2014

Tes Jalan atau ECE-R40 yang Lebih Akurat?

Tes Jalan atau ECE-R40 yang Lebih Akurat?Bandung - Di Indonesia, pabrikan motor memiliki cara tes konsumsi bahan bakar minyak. Pertama dengan uji jalan langsung di jalan dan kedua dengan mesin ECE-R40 di dalam ruangan tertutup.

Tapi dari kedua cara ini ternyata menghasilkan konsumsi BBM yang berbeda. Namun mana yang lebih akurat?

Peneliti dan Dosen Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto menjelaskan dengan mesin ECE-R40 pengujian lebih terkondisikan.

Namun, menurutnya ECE-R40 memiliki kelemahan karena cara ini tidak dilakukan di jalanan dalam kondisi yang ril.

"Sebenarnya mengukur konsumsi bahan bakar bisa dilakukan dengan banyak cara. Yang biasa dilakukan ATPM saat uji tipe sebelum kendaraan dipasarkan adalah ECE-R40. Tester hanya membuka tutup gas mengikuti kondisi jalan yang sudah disesuaikan," kata Yus di sela-sela acara Diskusi Sepeda Motor ITB-Yamaha di Lapi, ITB, Bandung, Jabar.

Kendati demikian, masih menurut Yus mesin ECE-40R tetap memiliki keunggulan. Sebab mesin ini mampu mengukur emisi gas buang yang selanjutnya mengetahui perhitungan konsumsi bahan bakar dengan melihat unsur carbon atau carbon balance. Dengan begitu motor mendapatkan sertifikasi lolos uji emisi.

Dia menjelaskan mesin ECE-40R memiliki akurasi yang cukup tepat. Namun hasil yang diperoleh bukan merupakan hasil konsumsi bahan bakar yang sebenarnya di jalanan.


0 comments:

Post a Comment