Monday, February 3, 2014

Tidak Akan Ada Lagi Kejar-kejaran Antara Polisi dan Penjahat

Tidak Akan Ada Lagi Kejar-kejaran Antara Polisi dan PenjahatJakarta - Di masa depan mobil akan makin canggih dan akan seperti di film fiksi ilmiah. Karena itu pula mobil akan sangat tergantung pengendaliannya pada komputer. Nah, di masa depan, bila mobil tidak mau berhenti ketika di tilang, polisi bisa secara komputerisasi untuk membuat mobil berhenti dan menepi.

Langkah mengagetkan itu menurut Auto Express muncul saat ada dokumen yang bocor dimana pada tahun 2020 mobi-mobil di Uni Eropa bisa dikendalikan oleh polisi dari jarak jauh.

Dengan begitu, di masa depan tidak akan ada lagi kejar-kejaran antara penjahat dan polisi seperti di film.

Dikabarkan, teknologi ini bisa siap pada awal tahun 2020 dan akan memungkinkan mobil penjahat yang tidak mau berhenti dihentikan hanya dengan menekan tombol dari seorang petugas yang bekerja di markas pusat.

Proyek ini merupakan salah satu dari beberapa prioritas utama yang dikerjakan oleh European Network of Law Enforcement Technology Services (ENLETS) yang merupakan unit kerjasama rahasia antar polisi di seluruh Uni Eropa.

"Mobil yang di jalankan bisa berbahaya bagi warga. Pelanggar Pidana akan mengambil risiko untuk melarikan diri setelah kejahatan. Dalam kebanyakan kasus, polisi tidak dapat mengejar kriminal karena kurangnya sarana efisien untuk menghentikan kendaraan dengan aman," tulis laporan itu.

Teknologi ini sebenarnya sangatlah masuk akal. Terlebih saat ini saja tiap mobil terbaru di Eropa sudah dipasangi berbagai teknologi terkini yang menyambungkannya dengan satelit. Porsi untuk komputer dan konektifitas di mobil pun diproyeksi akan makin besar dari saat ini.

Di akhir dekade, mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa dikemudikan manusia juga telah banyak diprediksi akan mulai dipasarkan.


0 comments:

Post a Comment