Wednesday, February 12, 2014

Tesla Gandeng Ratu Hacker

Tesla Gandeng Ratu HackerCalifornia - Demi sistem keamanan yang mumpuni dalam kendaraan, produsen mobil listrik Amerika Tesla Motors rela menggandeng ratu hacker, Kristin Paget. Paget mulai resmi mengotak-atik sistem Tesla mulai minggu ini.

Perusahaan mobil listrik berbasis di California, AS ini sadar akan rentannya mobil canggih seperti Tesla dari gangguan penjahat internet.

Di dunia hacker, kemahiran Kristin Paget sudah sangat terkenal. Kristin Paget dengan tim peretas lainnya berhasil menemukan bugs atau celah yang bisa dimanfaatkan oleh para hacker.

Pengalamannya yang pernah menemukan bug besar di Windows Vista, membuat hacker perempuan memikat Apple. Setelah Apple kini dia resmi menjadi bagian dari Tesla.

Seperti dilansir autoblog, Paget akan menciptakan perangkat lunak standar untuk industri otomotif Tesla demi menghindari tangan usil. Namun dia tidak mau berkomentar banyak soal kerjaan barunya di Tesla.

Sebelumnya aksi membobol sistem mobil sudah sering terjadi. Peretas asal Spanyol, Javier Vazquez Vidal dan Alberto Garcia sanggup membajak sebuah kendaraan dengan bantuan sebuah perangkat.

Alat yang ditemukan keduanya berukuran mungil, dan terbilang murah karena biaya pembuatannya tak lebih dari Rp 200 ribu. Namun meski terkesan sederhana, perangkat tersebut bisa mengendalikan mobil dari jarak jauh atau dekat.

Nah celah-celah keamanan seperti ini yang dikhawatirkan Tesla.


0 comments:

Post a Comment