Tuesday, March 25, 2014

Aston Martin Paling Langka Siap Dilelang

Aston Martin Paling Langka Siap DilelangJakarta - Salah satu mobil Aston Martin paling langka di dunia akan dilelang. Kelangkaan mobil ini diperkirakan akan mampu menyedot jutaan pounds ketika dilelang nanti.

Mobil yang akan dilelang Goodwood Festival of Speed pada bulan Juni nanti ini merupakan mobil yang berasal dari Perang Dunia II. Berlabel Aston Martin Atom, mobil berusia 75 ini merupakan salah satu mobil konsep tertua di dunia.

Mobil ini terdaftar pada tahun 1940 yang dirancang dan dibangun untuk pengusaha Gordon Sutherland oleh tim yang dipimpin oleh insinyur Claude Hill.

Nah, karena ketika itu Perang Dunia II tengah berlangsung, kebutuhan akan logam pun meningkat. Maka itu tidak salah kalau mobil ini hanya satu diantara 750 mobil pribadi yang terdaftar di Inggris pada tahun itu.

Mobil konsep berkonfigurasi tempat duduk 2+2 ini menurut Sutherland dibuat sebagai mobil coupe terkecil dan teringan saat itu. Berkat hal itu, mobil ini mampu melaju hingga 90-100 mph atau 144-160 km/jam.

Uniknya, setelah selesai dibangun, mobil ini harus diam di garasi selama 3 bulan karena kurangnya pasokan bahan bakar di masa perang dunia.

Saat ini, Aston Martin Atom telah berjalan sejauh 250.000 mil atau sekitar 402 km dan hanya berganti kepemilikan hanya sekali 49 tahun terakhir.

"Jelas ini salah satu desain mutlak Aston Martin, dan tentu saja salah satu mobil Inggris yang paling menarik, hanya satu yang kami pernah diminta untuk menjualnya," kata direktur otomotif balai lelang Bonhams James Knight di AOL.

"Ini unik, super-canggih, dan ketika kita menganggap itu dalam konteks 1939-40 itu merupakan prestasi monumental. Bahwa Atom telah bertahan dalam penggunaan yang hampir konstan, dan saat ini begitu indah, sangat terawat. Asli, merupakan penghargaan yang bagus untuk antusiasme dan penikmat Aston Martin yang telah dipupuk selama bertahun-tahun," jelasnya.


0 comments:

Post a Comment