Friday, April 25, 2014

Kapan Toyota Bikin Transmisi di Indonesia?

Kapan Toyota Bikin Transmisi di Indonesia?Denpasar - Toyota terus berupaya agar mereka bisa memproduksi berbagai komponen mobil di Indonesia. Ada beberapa komponen high tech yang masih belum bisa diproduksi di sini. Contohnya adalah Electronic Control Unit (ECU) dan sistem transmisi kendaraan.

"Saat ini untuk memproduksi komponen-komponen tersebut di Indonesia belum layak secara ekonomis," ujar Wakil Presiden PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono di sela-sela test drive All New Yaris di Denpasar, Bali.

Meski penjualan mobil di Indonesia sudah mencapai 1 juta unit dengan hampir 40 persen mobil yang terjual adalah mobil Toyota, untuk memproduksi komponen dengan teknologi tersebut masih belum dirasa kemahalan.

"Nanti mungkin kalau sudah penjualan mobil 2 juta, mungkin bisa diproduksi," ujarnya.

Ada perkiraan kira-kira tahun berapa Toyota akan memproduksi transmisi di Indonesia? "Mungkin tahun 2020," ujarnya.

TMMIN seperti dituturkan Warih berupaya untuk terus meningkatkan angka kandungan lokal dari mobil-mobil Toyota di Indonesia. Mobil yang memiliki kandungan lokal tertinggi adalah Kijang yang mencapai 80 persen, disusul Yaris yang akan mulai diproduksi pada bulan April sebanyak 60 persen, Fortuner 55 persen, sedangkan Vios dan Limo juga 60 persen.

Bahkan mobil-mobil ini juga sudah diekspor ke luar negeri.


0 comments:

Post a Comment