Friday, April 25, 2014

Masalah Recall, 'Dompet' GM Dibuat Jebol

Masalah Recall, Detroit - Laba General Motors (GM) pada kuartal pertama tahun 2014 ini anjlok 88 persen. 'Dompet' GM jebol gara-gara masalah recall atau penarikan kembali sebanyak 7 juta unit mobil di seluruh dunia.

Dilansir Reuters, Sabtu (26/4/2014) selain labanya yang anjlok, saham GM juga menurun 1,3 persen. Berbeda dengan Januari 2014 yang pendapatannya meningkat karena belum dirundung masalah recall.

"Kami telah mengubah bentuk kurva. Kita akan tetap memberikan yang terbaik dan terpaksa kita harus memangkas beberapa harapan," ungkap Chief Financial Officer, Chuck Stevens.

Sementara itu, Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang mewakili pemerintah memberikan 107 pertanyaan yang harus dijawab GM sebagai bagian dari investigasi yang tengah pemerintah AS lakukan terkait recall GM ini.

Salah satu pertanyaan adalah kenapa GM tidak segera melakukan recall sejak pertama kali mereka mengetahui masalah lebih dari 10 tahun lalu.

Penarikan itu terpaksa dilakukan karena adanya masalah di stop-kontak pada mobil produksi GM yang membuat mesin tiba-tiba mati hingga kantung udara yang tidak berfungsi, masalah powersteering hingga rem.

Lebih lanjut, karena pertanyaan pemerintah mendetail, denda US$ 7.000 atau sekitar Rp 79,2 juta per hari pun diberikan bila GM tidak juga menjawab pertanyaan pemerintah ini.


0 comments:

Post a Comment