Monday, April 21, 2014

Mercy Tawarkan Mobil Hybrid Pintar

Mercy Tawarkan Mobil Hybrid PintarJakarta - Industri otomotif kini mengarah pada mobil teknologi hybrid (mesin ganda) bahkan plug in hybrid (murni listrik) sekaligus. Meski masih mahal, tapi mobil hybrid sebagai era baru industri otomotif diklaim sebagai mobil hemat bahan bakar oleh produsen mobil.

Tapi cukup banyak konsumen ikut memandang mobil hybrid bukanlah mobil yang menggiurkan di masa depan. Apa yang diharapkan konsumen pada mobil teknologi hybrid tidak sesuai harapan.

Dengan kejelian Mercedes-Benz, merek asal Jerman ini menawarkan mobil berteknologi pintar di kelasnya. Mercedes-Benz menyuguhkan sebuah sistem Hybrid cerdas yang dapat menganalisis jalan di depan untuk meningkatkan kerja mesin konvensional dan motor listrik demi meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Teknologi yang dijuluki 'Intelligent HYBRID system' ini lahir bentuk evolusi dari teknologi hybrid yang ada saat ini. Mercy ingin menjadi pelopor di bidang tersebut. Cara kerja teknologi ini sangat sederhana.

Mengutip emercedesbenz, Senin (21/4/2014) fitur ini terus-menerus memantau topografi (kondisi jalan) di depan. Sistem ini menggunakan data dari sistem navigasi online comand untuk menghitung kondisi jalan di depan dan menghitung seberapa besar energi yang akan digunakan.

Sebagai contoh, data merekam informasi tentang profil rute dan batas kecepatan 1 meter hingga 7 kilometer di depan. Kondisi jalan dibaca Central Powertrain Controller (CPC), yang selanjutnya akan memberikan info ke 'otak' agar kerja mesin konvensional dan motor listrik menyesuaikan karakter jalan di depan.

Selanjutnya teknologi ini ditopang dengan sistem elektrik yang mumpuni mengatur kerja motor listrik. Dalam uji coba, jika baterai terisi penuh, maka motor listrik otomatis menyuplai tenaga mesin konvensional bukan ke baterai.

Dorongan motor listrik ke mesin konvensional terbukti memperbesar tenaga mesin konvensional saat menghadapi tanjakan, dan efeknya tidak perlu banyak menggunakan bahan bakar minyak selama fase ini.

Sementara saat jalanan menurun mobil dibantu mode regenerative braking (suplai tenaga saat terjadi pengereman). Daya baterai selalu terjaga setiap saat.

Mercy bersama dengan tim F1 Mercedes sudah menguji coba ribuan kilometer teknologi tersebut. Hasilnya semakin banyak jalur pegunungan, semakin tinggi penghematan bahan bakar daripada kondisi jalan datar.

0 comments:

Post a Comment