Thursday, May 8, 2014

Markas Baru Fiat Chrysler Automobiles

Markas Baru Fiat Chrysler AutomobilesDetroit - Dua pabrikan beda negara, Fiat dan Chrysler sudah meresmikan merger mereka pada beberapa bulan lalu. Namun ada satu masalah yang masih mengganjal, dimana markas resmi perusahaan hasil merger yang dinamakan Fiat Chrysler Automobiles ini?

Seperti kita ketahui markas Fiat selama ini berada di Turin, Italia, sedangkan Chrysler berada di Auburn Hills, tepat di luar Detroit.

Dikutip dari Reuters, Jumat (9/5/2014) Chief Executive Sergio Marchionne menuturkan pihaknya memilih tempat yang netral, bukan Italia atau Amerika, melainkan Inggris.

"Markas kami akan berada di London," ujar Marchionne kepada wartawan.

Isu pemindahan markas perusahaan ini merupakan hal yang sangat sensitif bagi karyawan. Apalagi Fiat, yang sudah berada di Italia selama 115 tahun.

Sementara jika dipindahkan ke Italia, juga akan menimbulkan kontroversi mengingat status Chrysler yang pernah di-bail out melalui dana pajak warga negara Amerika. Warga Amerika setidaknya akan merasa marah jika perusahaan yang mereka bayari, justru keluar dari AS.

Marchionne menuturkan, meski markas resminya berada di London, beberapa pejabat penting perusahaan tetap bisa ngantor di mana saja demi alasan fleksibilitas grup. "Sudah jelas beberapa jabatan seperti dewan direksi, kantor saya, beberapa kegiatan saya, harus berada di luar London. Tapi itu bukan berarti kami saya melepaskan tanggung jawab di Amerika. Kami bisa mengerjakan di mana saja," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment