Thursday, June 19, 2014

Ekspor Komponen Toyota Capai 100.000 Kontainer

Ekspor Komponen Toyota Capai 100.000 KontainerJakarta - Toyota Indonesia mengekpor komponen kendaraan ke-16 negara hari Jumat ini. Hingga saat ini, total komponen kendaraan yang diekspor sudah mencapai 100.000 kontainer.

Komponen kendaraan itu dikirim ke Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Jepang, Taiwan, Tiongkok, India, Pakistan, Kazakhtan, Australia, Afrika Selatan, Mesir, Brasil, Venezuela dan Argentina.

Ekspor komponen itu untuk memastikan mobil-mobil Toyota yang masuk kategori Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) yakni Hilux, Fortuner dan Innova tetap dalam kondisi baik.

Executive General Manager HRD Corporate & External Affairs Division TMMIN Bob Azam menjelaskan komponen yang diekspor Toyota berupa mesin, powertrain, clucth, bodi, radiator dan lain-lain.

"Komponen ini ada beberapa bentuk yang pertama memang CDK, jadi diurai. Ada juga bentuknya service part. kemudiaan juga bentuknya komponen. Jadi ada bebeapa macam bentuk yang kita sebut komponen," tegas Bob Azam di Jakarta.

Untuk diketahui Toyota memulai ekspor komponen perdana pada tahun 1988. Volume ekspor komponen itu meningkat secara signifikan sejak dimulainya proyek IMV (International Innovative Multi-purpose Vehicle) pada tahun 2004 silam.

Ekspor komponen selama 26 tahun ini, termasuk di dalamnya adalah CKD (Complete Knock Down) atau bagian kendaraan terurai, komponen kendaraan, mesin utuh, komponen mesin, dan alat bantu produksi seperti die (alat pencetak yang digunakan pada proses pengepresan) serta jig (alat bantu dalam proses pengelasan).


0 comments:

Post a Comment