Monday, June 16, 2014

Produksi Avanza untuk Toyota, Daihatsu Tak Masalah

 Produksi Avanza untuk Toyota, Daihatsu Tak MasalahJakarta - 5.000 Toyota Avanza mulai hari ini dikirim ke negara Timur Tengah. Meski memiliki merek Toyota, mobil itu faktanya diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Padahal Daihatsu memiliki line up low MPV kembaran Avanza yakni Xenia. Bagaimana tanggapan Daihatsu, apakah mereka tidak mempermasalahkan bukan Xenia yang diekspor?

"Ya kami tidak apa-apa (hanya memproduksi kendaraan Toyota Avanza, untuk diekspor-red), karena kita kan Toyota Group. Dan ini merupakan strategi global dari Toyota Group," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra di Sunter Jakarta, Senin (16/6/2014).

Tidak tanggung-tanggung, untuk mewujudkan hal tersebut, Toyota menggenjot produksi mereka di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan pabrik Astra Daihatsu Motor untuk bisa lebih memperbanyak kendaraan yang dieskpor.

"Saat ini kita ekspor (Toyota dan Daihatsu-Red) pakai brand toyota (Avanza-Red). sedangkan Daihatsu Xenia untuk dalam negeri. Dan Toyota Avanza kita kembangkan terus untuk pasar dunia," kata Direktur Corporate Planning dan Eksternal Affair PT TMMIN, Made Dana Tangkas.

Dirinya menambahkan saat ini pabrik Toyota yang di bawah kendali TMMIN sanggup memproduksi kendaraan hingga 250 ribu unit per tahun. "Kita mempersiapkan produksi hingga segitu (250 ribu unit per tahun-Red), tapi semuanya kan tergantung dari permintaan," ujar Made.


0 comments:

Post a Comment