Monday, June 16, 2014

Mazda Masih Menaruh Harapan dengan Mesin Rotary

Mazda Masih Menaruh Harapan dengan Mesin RotaryHiroshima - Pabrikan mobil asal Jepang Mazda kembali menegaskan tengah mengembangkan mesin rotary terbaru untuk digunakan pada penerus RX-7 dan RX-8. Mazda melihat masih ada harapan kelangsungan hidup mesin ikonik itu.

Dilansir dari Auto Express dan worldcarfans, dikabarkan mesin rotary selanjutnya akan dirilis Mazda pada 2017, atau bertepatan dengan dengan peringatan 50 tahun Cosmo Sport, mobil pertama Mazda ditopang mesin rotary.

Saat ini insiyur Mazda tengah bekerja keras mengatasi kekurangan 'mesin Wankel' itu salah satunya menurunkan konsumsi bahan bakar mesin rotary. Mesin rotary selanjutnya terus bertenaga meski tanpa menggunakan turbo.

Oleh Mazda, mesin rotary yang akan datang memiliki filosofi sama dengan mesin SKYACTIV yaitu bobot ringan, rasio kompresi mesin yang tinggi dan tetap bertenaga.

Hasil pengembangan mesin SKYACTIV akan diterapkan dalam mesin rotary guna meningkatkan efisiensi bahan bakarnya dan tenaga mesin rotary.

Mazda percaya menggunakan sistem ingnition pada rotary yang lebih canggih akan membawa keuntungan mulai dari mesin yang lebih bertenaga namun tetap hemat BBM.

Besar kemungkinan, mesin rotary akan menggunakan single rotor dan menanggalkan dual rotor. Meski 1 rotor namun tenaga bisa mencapai 300 Hp.


0 comments:

Post a Comment