Monday, June 9, 2014

Toyota Kebut Mobil Hidrogen

Toyota Kebut Mobil HidrogenJakarta - Rencana Toyota untuk memproduksi mobil berbahan bakar hidrogen nampaknya telah kuat. Raksasa asal Jepang ini dikabarkan akan mulai memproduksi mobil berbahan bakar hidrogen pada Desember nanti.

Bila kabar tersebut benar, seperti dilansir Japan Times, maka kegiatan produksi mobil hidrogen ini lebih cepat dari target awal Toyota yang dipatok pada 2015 nanti.

Sebelumnya, Toyota pernah memperlihatkan versi konsep dari mobil hidrogen mereka dengan nama FCV.

Mobil tersebut pernah tampil di Tokyo Motor Show dengan inovasi terkini yang diusung produsen mobil berlogo 3 elips itu.

Kabarnya mengutip dari autoblog, sekitar 12 Toyota FCV akan diproduksi per bulan di pabrik Motomachi di Toyota, Aichi Prefecture.

Toyota FCV dikembangkan dengan ukuran ringan dan kompak dan masuk sebagai mobil berteknologi canggih. Toyota FCV berdimensi PXLXT (4.870 mm, 1.810 mm dan tinggi 1.535 mm). Toyota FCV mampu mengangkut 4 penumpang.

Untuk harganya, mobil hidrogen Toyota kemungkinan akan dijual di sekitar angka 8 juta yen atau sekitar Rp 916 jutaan. Namun, harga itu diperkirakan akan turun menjadi antara 3 juta sampai 5 juta yen (Rp 343 jutaan sampai Rp 572 jutaan) pada tahun 2020 setelah angka penjualan dan produksi meningkat.

Mobil fuel-cell ini nantinya akan digerakkan dengan tenaga listrik yang dihasilkan dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Hambatan utama mobil jenis ini lebih kepada jumlah stasiun pengisian hidrogen yang masih sangat sedikit.

Kehadiran mobil hidrogen pastinya merupakan bidikan Toyota yang ingin menjadi pencetus sebuah tren di dunia otomotif. Hal ini sukses mereka lakukan ketika memproduksi Prius lebih dari 1 dekade lalu.


0 comments:

Post a Comment