Wednesday, July 2, 2014

Mobil Listrik Sudah Lahir Sejak 1 Abad Lalu

Mobil Listrik Sudah Lahir Sejak 1 Abad LaluJakarta - Banyak orang berpikir kalau mobil listrik adalah mobil yang baru lahir di era modern. Padahal kenyataannya tidak. Mobil listrik sudah ada sejak lebih dari 1 abad lalu.

Sama seperti saat ini, penggunaan tenaga listrik pada mobil di masa lalu juga dikarenakan banyak orang ingin meninggalkan mesin tenaga uap dan bensin yang jelek. Mobil listrik pun hadir sebagai alternatif.

Mobil listrik produksi pertama telah dibangun di London pada tahun 1884 oleh Thomas Parker, orang yang sama yang bertanggung jawab untuk sistem transportasi bawah tanah kota.

Dia menggunakan baterai yang dia rancang sendiri. Baterai khusus yang masih menggunakan timbal dan asam ini berkapasitas tinggi yang dapat diisi ulang.

Baterai nikel-besi yang lebih baik kemudian datang pada tahun 1911 dan saat itulah Anderson Carriage Company memutuskan untuk mengubah nama perusahaan mobil listriknya menjadi Detroit Electric dan mulai membangun mobil listrik, yang mengejutkan, mobil listrik menjadi cukup populer di masa itu.

Kepopuleran mobil tenaga listrik pada akhirnya menarik orang-orang terkenal seperti Thomas A. Edison, Mamie Eisenhower dan John D. Rockefeller Jr untuk memiliki sendiri salah satu dari 13.000 mobil listrik yang dibuat Detroit Electric sampai 1939.

Uniknya, beberapa teknologi yang digunakan oleh mobil listrik masa kini ternyata masih menerapkan teknologi yang hampir sama dengan yang digunakan mobil listrik seabad lalu.

Jarak jelajah mobil listrik masa kini yang ada kebanyakan juga masih belum jauh. Padahal mobil yang diproduksi Detroit Electric saja sudah bisa menjelajah sampai 80 mil atau 130 km sekali charge meski kecepatan tertingginya hanya 20 mph (32 km/jam), tetapi saat itu, kecepatan ini sudah lebih dari cukup.

Sebagai perbandingan, mobil listrik yang terkenal dan paling laku saat ini, Nissan LEAF, memiliki jarak jelajah 84 mil (135 km). Foto diatas adalah foto mobil Detroit Electric buatan 1916 ketika di charge di sebuah rumah.

Selain berbagai atribut di dalam kabin, kemajuan teknologi di mobil listrik saat ini adalah sistem pengereman regeneratif dan baterai yang lebih dapat diandalkan.

0 comments:

Post a Comment