Thursday, September 25, 2014

Mobil Rakitan Indonesia Lebih Diterima Ketimbang Thailand

Mobil Rakitan Indonesia Lebih Diterima Ketimbang ThailandJakarta - Secara produksi atau penjualan mobil per tahunnya, Indonesia memang masih di bawah Thailand. Tapi Indonesia masih punya keunggulan dibanding Thailand, yakni dari segi produk yang diproduksinya.

Menurut Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi, dari seluruh wilayah ASEAN hanya Indonesia dan Thailand yang kapasitas produksinya bisa penuh. Tapi Thailand kalah dengan Indonesia dari segi produk.

"Produk Indonesia itu bisa diterima di mana-mana. Mobil-mobil di Indonesia memiliki ground clearance yang tinggi sehingga jika diekspor akan sangat menguntungkan bagi negara tersebut," kata Budi dalam acara The 9th Indonesia International Automotive Conference di Hotel Holiday In, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/9/2014).

Selain itu, Indonesia juga memiliki produk yang hadir dengan 3 baris. Mobil-mobil tersebut itu sangat cocok untuk negara berkembang.

"Kalau mobil dengan 7 penumpang itu kita (Indonesia) jagonya di ASEAN," katanya lagi sambil tersenyum.

Jika dibandingkan dengan Thailand yang hanya memproduksi mobil double cabin atau 4x4 yang hanya dibutuhkan di beberapa pasar di Indonesia. Produk MPV yang diproduksi di Indonesia sangat berguna bagi beberapa negara di ASEAN lainnya.

"Ekspor kita setiap tahunnya juga naik terus. Ke depannya juga akan seperti itu," tuntasnya.




0 comments:

Post a Comment