Thursday, September 25, 2014

Tanpa Mereka, Mobil-mobil di IIMS Pasti Kusam

Tanpa Mereka, Mobil-mobil di IIMS Pasti KusamJakarta - Selain para Sales Promotion Girl (SPG) yang memeriahkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) kehadiran tukang bersih-bersih juga sangat penting. Terutama mereka yang membersihkan mobil, tanpa mereka mobil-mobil yang ada di IIMS tidak akan kinclong.

Pantauan detikOto di arena IIMS 2014 JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara seluruh mobil yang ada di IIMS sedang dibersihkan. Mulai dari eksterior hingga interiornya dibersihkan hingga tampilannya bersih dan kinclong.

Kehadiran mereka mungkin dipandang sebelah mata oleh para pengunjung, tapi peran mereka sangat penting karena bisa membantu mobil menjadi bersih kembali setelah banyak dipegang oleh pengunjung.

Indra salah satunya, petugas pembersih mobil di booth Mazda menuturkan ia bekerja seperti ini setiap hari (selama pameran IIMS 18-28 September). Ia bekerja mulai dari jam 09.00-22.00 WIB.

"Jadi saya setiap hari seperti ini dari pagi sampai malam. Mobil terlihat kotor sedikit kita langsung bersihkan," ujar Indra kepada detikOto sambil membersihkan salah satu mobil Mazda.

Ia kembali menjelaskan, setiap hari hanya diberikan waktu 1 jam untuk beristirahat dan hanya mendapatkan bayaran sebesar Rp 100.000.

Hal senada juga diungkapkan oleh Iwan salah satu pembersih mobil di booth Mitsubishi. Ia juga mengatakan hal demikian. Setiap hari ia bekerja dari pukul 10.00-22.00 WIB.

"Kita khusus untuk membersihkan mobil. Kita juga harus siaga di dekat mobil jadi lihat mobil kotor sedikit kita harus langsung ngelap," bebernya.

Lain dengan Indra, kalau soal bayaran Iwan lebih beruntung. Setiap hari ia mendapatkan bayaran Rp 120.000 dan harus mengikuti acara selama 1 hari atau selama pameran IIMS berlangsung.


0 comments:

Post a Comment