Thursday, September 25, 2014

Pasar Otomotif, Indonesia Bisa Tekuk Thailand

Pasar Otomotif, Indonesia Bisa Tekuk ThailandJakarta - Tahun ini penjualan mobil di Indonesia diprediksi akan tembus hingga 1,3 juta unit. Dengan penjualan menembus angka itu, tahun depan pasar otomotif nasional diyakini bisa menekuk pasar otomotif Thailand.

Manager Asia Research Dept, FOURIN Toru Nakata mengatakan, prediksi penjualan mobil di Indonesia tahun ini tembus 1,3 juta unit. Industri otomotif Thailand sendiri memperkirakan penjualan mobil di negeri gajah tahun ini mencapai 850.000, dan Malaysia hanya 582.000 unit kendaraan.

Menurutnya pada tahun 2015 mendatang, pasar roda 4 di Indonesia akan menembus angka 1,4 juta unit, sementara Thailand akan tembus di angka 1,1 juta unit kendaraan, dan Malaysia hanya 700.000 unit.

"Indonesia cukup potensial. Melihat market domestik dan juga ekspornya juga cukup baik," kata Nakata dalam acara The 9th Indonesia International Automotive Conference di Hotel Holiday In, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/9/2014).

Tak hanya itu, Nakata melanjutkan beberapa tahun kedepan pasar otomotif Indonesia akan semakin berkembang. Bahkan hingga tahun 2020 pasar otomotif Thailand hanya berkisar 1,5 juta hingga 1,6 juta unit dan sulit mencapai 2 juta unit karena pasar Indonesia diprediksi akan mencapai 2 juta unit.

Tapi untuk produksi mobil, menurutnya Thailand akan tetap memimpin dan bakal menembus 3 juta unit pada 2020 untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Sementara Indonesia, produksi kendaraan mencapai 2 juta unit untuk menjawab permintaan domestik dan ekspor ke sejumlah negara.




0 comments:

Post a Comment