Thursday, October 16, 2014

Membuktikan Arti dari Sebuah Nama

Membuktikan Arti dari Sebuah Nama Jakarta - Keengganan langsung menyergap, ketika siang hari di awal pekan lalu - seorang teman sekantor meminta saya untuk melakukan uji jalan atau bahasa kerennya test ride, motor sport Honda, CBR150, versi rakitan lokal.

Maklum, toh sama saja. Terlebih berbagai bumbu cerita yang saya terima menyebutkan hal yang sama.

"Getaran mesin masih terasa meski menggunakan sasis delta box, suspensi lembek, dan akselerasi kurang jrengg. Apalagi handling-nya," begitulah berbagai pernyataan yang kerap saya dengar.

Namun, apa mau dikata, tugas harus saya laksanakan. Meski dengan berat hati, perintah harus dituruti. Saya tersenyum kecut, teman itu masih memberi pesan. "Yang ente tes ini beda, dia rakitan lokal. Orang menyebutnya kental dengan DNA balap," ujarnya.

"Hayyah…tak ada kecap nomor 16, semuanya nomor satu," jawab saya dalam hati.

Waktu pun terus beranjak hingga ke tepian malam. Saya segera membawa motor bermesin 150 cc itu ke arah Bintaro. Saya ingat betul di fly over, depan persis Kebayoran Residence, sering menjadi arena balap.

Waktu telah berada di pengujung hari alias menjelang dini hari. Jalanan lengang, memang saya tunggu. Tak ingin membuang waktu, saya pun mencari ujung jalan, agar motor bisa masuk ke trek flyover.

Dan brumm… Motor saya pacu, melesat hingga 120 kilometer per jam.
Saya mencoba melakukannya berulang kali. Hasil tetap sama.
Saya ingin mencoba lagi. Sayang, hari telah beranjak pagi, dan saya musti pulang.

Keesokan harinya, saya kembali mencoba motor ini di jalanan sepi. Kali ini, di wilayah Taman Tekno, BSD City. Saya sengaja memilih tenpat yang arus lalu lintasnya cukup ramai. Tujuannya satu, untuk mengetahui sejauh mana kenyamanan motor sport ini jika dipakai sebagai motor harian.

Memang, pengujian ini, masih jauh dari sempurna, karena dilakukan dalam waktu dan tempat yang terbatas. Meski begitu, setelah melakukan beberapa kali uji jalan, kesimpulan subyektifitas saya sebagai berikut.


0 comments:

Post a Comment