Thursday, October 16, 2014

Ducati Luncurkan Mesin Baru Berteknologi Canggih

Ducati Luncurkan Mesin Baru Berteknologi CanggihBologna - Setiap produsen otomotif dituntut untuk selalu berinovasi. Seperti dilakukan oleh produsen sepeda motor Ducati yang baru saja meluncurkan mesin terbaru yang menggendong teknologi modern dan canggih.

Dalam keterangan resminya, Kamis (16/10/2014) mesin berteknologi terbarunya Ducati itu memiliki variabel timing pada intake dan exhaust camshafts. Mesin itu disebut Ducati Testastretta Desmodromic Variable Timing (DVT). Ini merupakan mesin pertama di dunia dengan variable timing pada intake dan exhaust camshafts.

Sistem variable timing yang diterapkan Ducati bisa mengatur buka-tutup katup secara berkelanjutan. Dengan begitu, kinerja mesin dalam berbagai kondisi pun bisa ditingkatkan untuk memaksimalkan tenaga, memaksimalkan torsi saat RPM rendah.

Bahan bakar yang dikonsumsi juga akan lebih irit. Meski bisa meningkatkan power, sistem DVT memberikan dampak positif pada efisiensi bahan bakar. Sistem ini mereduksi rata-rata 8 persen konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan konfigurasi non-variable sebelumnya.

Untuk membentuk operasi mesin yang lebih lembut, Ducati menggunakan secondary air system untuk meningkatkan performa secara maksimal. Sistem ini tidak akan meningkatkan emisi. Sebab, proses oksidasi hydrokarbon tidak terbakar untuk mengurangi tingkat HC dan CO.

Mesin Ducati Testastretta DVT memiliki kapasitas 1.198 cc dengan dilengkapi sistem Brand-new DVT (Desmodromic Variable Timing). Mesin ini mampu mengirim tenaga sebesar 160 daya kuda pada RPM 9.500 dengan torsi 136 Nm di RPM 7.500.

Selain itu, sensor Anti-knock, distribusi Desmodromic, Dual Spark (DS) ignition dengan Bore 106 mm dan stroke 67,9 mm juga melengkapi teknologi mesin ini.

Mesin ini menggunakan valvetrain unik yang dibuat oleh pabrikan terkenal yang berbasis di Bologna, Italia. Berkat sistem yang uni itu, intake dan katup exhaust akan menutup secara mekanik dan di tingkat akurasi yang sama, keduanya akan terbuka. Nama Desmodromic dalam istilah mekanik mengacu pada penutupan dan pembukaan katup secara otomatis.

Sistem DVT digunakan di semua model Ducati dan telah menyumbangkan prestasi untuk motor yang digunakan di Ducati Corse World Superbike dan Desmosedici MotoGP.

Mesin ini bisa digunakan dalam berbagai kondisi dan lokasi. Performa yang dihasilkan pun tetap maksimal dengan mengusung ramah lingkungan.

0 comments:

Post a Comment