Tuesday, November 18, 2014

Maret-September Masa Puncak Penjualan Mobil di Gorontalo

Maret-September Masa Puncak Penjualan Mobil di GorontaloGorontalo - Barangkali tak seperti di wilayah lain, penjualan kendaraan bermotor di wilayah Gorontalo paling banyak terjadi pada Maret hingga September. Maklum, perekonomian provinsi ini 70 persen digerakkan oleh anggaran pemerintah.

"Sedangkan masa-masa pencairan anggaran pemerintah sangat menentukan. Kalau pencairan terlambat, maka perekonomian juga melambat," papar Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, di Gorontalo.

Sedangkan sektor memberikan kontribusi 20 persen, dan 10 persen sisanya disumbangkan oleh BUMN dan koperasi. Dengan struktur penggerak perekonomian seperti itu, maka pembangunan yang bersumber anggaran dari pemerintah masih menjadi penentu geliat ekonomi termasuk sektor konsumsi pembelian kendaraan bermotor.

"Sehingga pada saat pencairan, terjadi, maka pembelian kendaraan secara besar-besaran akan terjadi. Dan sebaliknya," ucap Idris.

Namun, kondisi seperti itu diharapkan berubah seiring dengan hadirnya investor ke Gorontalo. Dan ini mulai terlihat.

"Sekarang denyut perubahan itu mulai terlihat. Indikator yang paling gampang adalah, banyaknya kendaraan yang setiap hari dari pusat kota (Gorontalo) dan sekitarnya menuju Bandara," kata dia.

Meningkatnya pembelian kendaraan diperkiraan akan semakin meningkat jika sektor pertambangan, perkebunan, dan industri yang saat tengah dalam tahap persiapan operasi telah benar-benar berjalan.


0 comments:

Post a Comment