Sunday, January 18, 2015

Ahok: Pembatasan Usia Mobil Nggak Gampang, Kita Mesti Teliti

Ahok: Pembatasan Usia Mobil Nggak Gampang, Kita Mesti TelitiJakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) siap mengkaji pembatasan usia mobil pribadi yang melintas di jalanan Ibukota. Ia juga menyoroti seputar pajak progresif kendaraan.

"Kita maunya usianya. Tapi usia pun nggak gampang kita mesti teliti. Singapura pembatasan usia bukan 10 tahun dihancurin, 5 tahun. Kalau kamu mau pakai yang tua itu hitungan pajaknya lebih mahal," ujar Ahok di Lapangan Mako Marinir Cilandak, Jl Raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan, Senin (19/1/2015).

"Kita mulai melakukan pembatasan kamu beli kena pajak progresif. Kamu kalau beli mobil kita sesuaikan dengan pajak mobil, NPWP kamu sesuai nggak. Kamu beli mobil Rp 1 miliar bayar pajak Rp 2 juta kan kurang ajar. Model itu yang kami lakukan," lanjutnya.

Tak hanya pembatasan usia mobil, upaya Ahok untuk mengurangi kemacetan di Jakarta juga dilakukan dengan cara menerapkan sistem jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) serta penyesuaian tarif parkir berdasarkan zonanya.

"Sekarang pembatasan kita makanya kita setel ERP. Parkir kita setel per zonasi semakin ke tengah semakin mahal," tutup suami Veronica Tan tersebut.




(aws/ddn)

0 comments:

Post a Comment