Sunday, January 18, 2015

Tiongkok Jadikan Tiang Lampu Tempat Cas Mobil Listrik

Tiongkok Jadikan Tiang Lampu Tempat Cas Mobil ListrikJakarta - Pemerintah Tiongkok serius dengan kebijakan unuk mengurangi emisi gas buang dengan mengkampanyekan penggunaan mobil listrik yang lebih ramah lingkungan. Pemerintah Negeri Tirai Bambu itu bahkan menyulap tiang lampu penerang jalanan menjadi stasiun pengisian baterai untuk mobil listrik.

Maklum, seperti dilansir Car News China, Minggu (18/1/2015), hambatan terbesar yang dihadapi mobil listrik di Tiongkok adalah kurangnya stasiun pengisian di jalan umum. Hal itu sangat disadari pemerintah setempat dan mencoba mencari solusi kreatif.

Salah satunya dengan memanfaatkan tiang lampu jalan itu. Ya, Beijing telah meluncurkan sebuah proyek percontohan untuk mengubah lampu jalan sebagai pengisian baterai mobil listrik.

Menurut Komisi Sains dan Teknologi Kota Beijing, setidaknya 88 lampu sodium bertekanan tinggi di jalanan Changping District, Beijing telah dikonversi menjadi lampu LED hemat energi. energi yang tersimpan dari lampu LED itu pun dijadikan sebagai sumber listrik pengisian baterai mobil. Kini, delapan tiang pengisian baterai mobil listrik telah dipasang.

Tiang-tiang pengisian baterai akan beroprasi siang dan malam. Dengan pemasangan ini, pemerintah kota Beijing akan mengurai permintaan yang membludak pada mobil listrik taksi dan mobil pribadi di daerah itu.

Rencananya, Pemerintah Kota Beijing akan memperluas proyek ini untuk daerah lain. Sebelumnya, Beijing telah membangun stasiun pengisian baterai mobil listrik di diler mobil, tempat parkir, lahan parkir industri teknologi tinggi dan area jalan tol. Kota ini berencana untuk membangun 10.000 tiang pengisian mobil listrik yang dibuka untuk umum hingga 2017.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment