Tuesday, January 13, 2015

Di Manila, Paus Fransiskus Pakai Jeep Lawas Bukan Mercedes

Di Manila, Paus Fransiskus Pakai Jeep Lawas Bukan MercedesJakarta - Paus Fransiskus memang dikenal seorang pemimpin umat yang sangat rendah hati dan kesahajaannya. Pemimpin umat Katolik ini tak menggunakan Mercedes-Benz sebagai kendaraan resminya saat berkunjung ke suatu negara seperti yang dilakukan para pendahulunya.

Seperti dilansir The Straits Times dan Autoevolution, Rabu (14/1/2015), Dewan Kepausan Vatikan untuk Komunikasi Sosial mengunggah beberapa foto mobil yang digunakan Paus Fransiskus saat mengunjungi Filipina. Mobil yang dipakai pemegang tahta suci itu adalah mobil Jeep lawas peninggalan Perang Dunia II.

Mobil itu memang populer di Filipina, baik sebagai angkutan umum atau kendaraan pribadi. Mobil pribadi, biasanya pada bagian belakang ditempeli tulisan ‘For Familiy Use” atau “Private”. Maklum, jika tidak ditulis akan disangka sebagai angkutan umum.

Sementara mobil yang digunakan Paus untuk menyapa umat dicat putih. Peleknya dilapisi krom, dan kedua bagian samping diimbuhi lambang kepausan.

Seperti mobil Paus sebelumnya yang bagian belakang dipasangi ruang khusus seperti podium yang disediakan Paus Fransiskus untuk menyapa umat.

Dia ingin tetap duduk di bagian belakang mobil yang bagian atasnya beratap. Tak pelak, kondisi itu membuat para petugas keamanan kalang kabut untuk memberikan keamanan kepada Paus.

Maklum, Manila merupakan salah satu kota yang berbahaya bagi Paus jika melihat sejarah kunjungan Paus. Pada 1995 dan 1999 misalnya, Paus Yohanes Paulus II dikabarkan menjadi target Al-Qaeda.


0 comments:

Post a Comment