Monday, January 12, 2015

Di Tiongkok, Beli Mobil Listrik Lebih Mudah Ketimbang Mobil Konvesional

Di Tiongkok, Beli Mobil Listrik Lebih Mudah Ketimbang Mobil KonvesionalShanghai - Beberapa tahun terakhir ini, Tiongkok sedang dirundung masalah polusi udara. Akibat penjualan mobil yang terus merangkak naik setiap tahun, otomatis polusi udara pun semakin tinggi.

Pemerintah pusat Tiongkok pun sudah memutuskan untuk memerangi masalah polusi udara yang semakin merajalela. Banyak cara yang dilakukan, seperti membatasi penjualan mobil, mempersulit masyarakat untuk mendapatkan pelat nomor dan lain sebagainya.

Tapi ada juga cara yang dianggapnya cukup efektif. Pemerintah Tiongkok akan mendukung kehadiran mobil ramah lingkungan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membeli mobil listrik atau mobil ramah lingkungan lainnya.

Seperti dilansir laman Inautonews dari Bloomberg, Senin (12/1/2015) sekarang ini kota Shanghai memberikan insentif baru kepada masyarakatnya yang membeli mobil listrik.

Jika masyarakat yang membeli mobil listrik akan langsung mendapatkan STNK secara gratis. Kebijakan itu jelas saja menguntungkan dan memudahkan masyarakat, karena sebelumnya masyarakat Shanghai jika membeli mobil harus menunggu pelat nomor atau STNK-nya dibeberapa bulan kemudian.

Insentif itu hanya diberlakukan untuk masyarakat yang membeli mobil listrik sejenis Tesla dan BMW i3. Jika masyarakat tetap membeli mobil bermesin konvesional tetap dikenakan biaya tambahan sebesar US$ 12.000 atau setara dengan Rp 150 jutaan.


(ady/lth)

0 comments:

Post a Comment