Thursday, January 22, 2015

Dok-Ing Loox, Mobil Listrik Mungil Termewah

Dok-Ing Loox, Mobil Listrik Mungil TermewahZagreb - Setelah sukses menjajakan mobil listrik mungil Dok-Ing XD, kini pabrikan robot asal Kroasia itu meluncurkan generasi kedua mobil bertenaga setrum tersebut, Dok-Ing Loox. Generasi anyar ini desain bodi dan parasnya lebih cantik dan mewah, sehingga tak sedikit orang menyebutnya sebagai Lamborghini kecil.

Seperti dilansir Autoevolution, Kamis (22/1/2015), berbeda dengan generasi lawas yang hanya berkapasitas dua tempat duduk, Loox memuat tiga kursi. Satu kursi untuk pengemudi yang berada tepat di tengah dan dua kursi penumpang di belakang.

Pabrikan pembuatnya mengklaim tata letak interior mobil itu mengadopsi tata letak mobil McLaren F1. Meski panjangnya hanya 2,8 meter dan lebar 1,7 meter, namun akses keluar masuk mobil ini tetap leluasa.

Maklum, selain berukuran besar, pintu mobil itu dibuka ke atas. Bahkan dengan ukuran yang mini itu pula, mobil ini sangat mudah mendapatkan tempat parkir, bahkan di sebuah supermarket yang sibuk sekali pun.

Soal performa jangan diragukan. Motor listrik dengan baterai ion lithium 32 kWh, mampu menyemburkan tenaga hingga 64 hp. Bobotnya pun cukup ringan, karena menggunakan sasis aluminum dan bodi terbuat dari serat karbon.

Walhasil, dengan bobot yang ringan dan tenaga sebesar itu, Dok-Ing Loox mampu berakselerasi dari kecepatan 0 -100 km/jam hanya dalam waktu 7,7 detik. Waktu yang hampir mendekati akselerasi VW Scirocco GT untuk jarak yang sama.

Untuk mengecas baterainya cukup mudah, hanya butuh waktu 3-8 jam. Tergantung dari sumber arus setrum yang digunakan. Hanya, untuk menebusnya memang tak murah. Mobil ini dibanderol US$ 35.000 atau sekitar Rp 431 juta.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment