Friday, January 2, 2015

India Wajibkan Mobil Murah Gunakan Fitur Keselamatan

India Wajibkan Mobil Murah Gunakan Fitur KeselamatanNew Delhi - Pemerintah India melalui Menteri Jalan Raya dan Transportasi, Nitin Gadkari, menegaskan semua mobil yang dijual di negeri itu termasuk mobil kecil dan mobil murah wajib menggunakan fitur keselamatan. Kebijakan itu bertujuan untuk meningkatkan keamanan berkendara dan mengurangi jumlah kecelakaan.

Seperti dilansir Motorbeam, Jumat (02/01/2014) pemerintah negeri itu geregetan dengan produsen mobil. Soalnya, tahun lalu pemerintah telah mengkampanyekan pentingnya fitur keselamatan di mobil kecil. Namun, hampir semua produsen mobil tak menggubrisnya.

Kini keseriusan pemerintah ditunjukan dengan mengumumkan kebijakan yang mewajibkan penggunaan fitur tersebut. Bahkan, pemerintah negara itu tengah memproses pendirian Bharat New Vehicle Safety Assessment Program (Bharat NVCAP).

"Bersamaan dengan itu Pusat Uji Tabrakan juga dibangun dan diharapkan rampung pada akhir 2015 ini," tulis laman tersebut.

Dengan berdirinya lembaga tersebut diharapkan para produsen mobil bersedia mengadopsi norma uji bagi mobil baru yang akan diwajibkan pada Oktober 2017 nanti. Bahkan pemerintah akan menetapkan norma keselamatan mobil baru mulai Oktober 2018.

Sementara itu para produsen mobnil dinilai enggan melengkapi kendaraan buatannya dengan fitur keselamatan karena akan menjadikan biaya produksi bertambah 30 persen. Padahal, kesadaran untuk menggunakan fitur keselamatan telah meningkat di masyarakat.

Sepertinya ini perlu dicontoh pemerintah Indonesia.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment