Friday, January 2, 2015

Ini Perbedaan SIM di Inggris dan Indonesia

Ini Perbedaan SIM di Inggris dan IndonesiaLondon, - Pemerintah Inggris resmi mengumumkan akan mengubah disain Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk setiap pengendara disana. Lalu apa saja perbedaan dengan tampang SIM yang dimiliki Otolovers ya?

Dalam pemberitaan autoexpress, tampilan terbaru SIM di Inggris terlihat berbeda dengan ikut disertakan bendera Inggris, di sisi kanan dan ini juga akan berlaku untuk pengendara asal Wales dan Scotland.

Disisi kiri tampak jelas foto si pengendara, sedangkan kalau SIM di Indonesia. Disisi kanan terdapat gambar sidik jadi meski foto pemilik kendaraan terpampang juga disebelah kiri.

Pemerintah Inggris menempelkan bendera Inggris pada bagian kanan bukan tanpa alasan, karena bendera Inggris ini sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap negaranya.

Berbeda dengan SIM Indonesia, SIM di Inggris memiliki urutan nama keluarga, diikuti nama dirinya, tanggal kelahiran, masa berlaku SIM pemilik, nomor SIM, tanda tangan, dikeluarkan dimana SIM tersebut, dan terakhir tipe SIM yang dipilih (AM/A/B1/B).

Sedangkan untuk SIM di Indonesia, diawali dari nama lengkap pemilik kendaraan, alamat domisili, tempat dan tanggal lahir, tinggi badan, pekerjaan, no SIM, masa berlaku, tanda bukti Dirlantas Polda Metrojaya, dan terakhir tanda tangan di kanan bawah tepat dibawah sidik jari.

Sekilas tampilan SIM di Inggris kini lebih sederhana, dan tidak terlalu banyak tulisan. Bagaimana Otolovers? Bagusan tampilan SIM dari Inggris atau SIM milik Otolovers?



(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment