Sunday, January 4, 2015

Viar Menjelajahi Makassar

Viar Menjelajahi MakassarMakassar - Singgah dimana sajakah tim VJI (VIAR Jelajah Indonesia) saat berada di kota Makassar? Selain berburu kuliner tentunya tim VJI tidak melepaskan kesempatan untuk mengunjungi beberapa titik wisata yang letaknya saling berdekatan.

Titik wisata yang dimaksud tentunya spot wajib kunjung pantai Losari yang selalu ramai di sore hari serta mengunjungi situs sejarah Fort Rotterdam yang secara artsitektur menghadap ke arah pantai/laut sesuai fungsinya zaman dahulu sebagai teropong lalu lintas keluar-masuk musuh pada masa perang.



Fort Rotterdam sejatinya bernama benteng Ujung Pandang dan menjadi markas pasukan Kerajaan Gowa pada masa lampu hingga akhirnya jatuh ke tangah musuh dan berubah nama menjadi Fort Rotterdam.

Pasukan penjajah saat itu, Belanda, menjadikan lokasi ini sebagai benteng pertahanan sekaligus menjadi menara pengamat kedatangan lawan yang masuk dari arah laut.

Bentengnya sendiri punya luas hingga 3 hektar dan hingga kini masih terawat baik meski menyimpan sejarah kelam seputar perjuangan rakyat Makassar saat jaman peperangan.

Dengan diberlakukannya gratis bea masuk ke areal benteng, kecuali museum ya, Fort Rotterdam menjadi primadona bagi wisatawan yang tengah mengunjungi Ujung Pandang.


0 comments:

Post a Comment