Saturday, February 14, 2015

Daihatsu: Januari 2015 Penurunan Penjualan Mobil Terparah

Daihatsu: Januari 2015 Penurunan Penjualan Mobil Terparah Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak tahun lalu memperkirakan penjualan mobil sepanjang tahun ini bakal tak beranjak dari kondisi 2014. PT Astra Daihatsu Motor menegaskan, perkiraan Gaikindo itu telah terbukti pada penjualan sepanjang Januari lalu.

"Tahun ini benar-benar, seperti yang diprediksi Gaikindo, tidak akan berkembang. Dan di Januari 2015 penjualan mobil menurun, bahkan ini terparah sejak lima tahun terakhir," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di Senayan, Jakarta.
Amelia mengatakan penjualan mobil baru sepanjang bulan itu turun hingga 20 persen dibanding periode sama tahun lalu.

"Market turun 20 persen. Dan saya lihat di Februari kredit yang masuk turun 10 persen untuk mobil baru, sedangkan yang use car (mobil bekas) itu turun 5 persen dari ACC (Astra Credit Companies) ," ujarnya.

Menurutnya, ada tiga hal yang memicu penurunan penjualan. Ketiganya adalah, pajak kendaraan yang naik, pajak progresif, serta kenaikan ongkos produksi. Walhasil, harga mobil pun terkerek.

Sementara, untuk memberi diskon juga kecil kemungkinannya. Soalnya program diskon telah habis digeber pada Desember tahun lalu.

Kalau pun masih ada diskon sepanjang Januari, jumlahnya sudah berkurang. “Misalnya Daihatsu Terios diskon mencapai Rp 20 juta untuk produk kelahiran 2014, dan kelahiran 2015 hanya mencapai Rp 10 juta," ucap Amelia.




(lth/arf)

0 comments:

Post a Comment