Sunday, February 15, 2015

Honda Sumbang Mobil BBG untuk Riset BPPT

Honda Sumbang Mobil BBG untuk Riset BPPTSerpong - PT Honda Prospect Motor mendonasikan satu unit Honda City yang berbahan bakar ganda antara Compressed Natural Gas (CNG) dan bensin kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Mobil tersebut diperuntukkan sebagai unit riset edukasi dan pengembangan teknologi energi bahan bakar alternatif khususnya gas.

"Melalui program Honda for Indonesia, Honda aktif untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik di Indonesia," tutur Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (16/2/2015).

Kontribusi itu, kata Jonfis, salah satunya dilakukan dengan turut serta melakukan perbaikan lingkungan hingga transfer teknologi.

"Dengan terus berinovasi melalui mobil CNG, Hybrid dan listrik, Honda juga telah siap mendukung program untuk alternatif bahan bakar yang lebih ramah lingkungan," ucapnya.

Honda City yang didonasikan itu mengusung mesin 1.500 cc i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua sumber tenaga.

Pertama mesin bertenaga bensin, dan kedua bersumber tenaga CNG. Tenaga maksimum yang dihasilkan dari bensin 120 PS, sedangkan dari CNG sebesar 102 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 12,9 kgm pada 4.800 rpm.

"Pengemudi dapat memilih mode berkendara dengan mesin bensin maupun CNG dengan hanya menekan tombol switch pada bagian kanan setir," ujar Jonfis.

Dengan penambahan tangki gas, maka bobot sedan ini bertambah, karena tangki tersebut berkapasitas 42 liter. Tambahan lainnya adalah High Pressure Piping, ECU tambahan, CNG Injector, Pressure serta tambahan lid untuk bahan bakar yang terletak di atas lid untuk bahan bakar bensin.

Honda City CNG yang didatangkan dari Thailand itu telah memenuhi standar Euro 4. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis lima tingkat percepatan. Fitur keselamatan dan keamanan tak berbeda dengan versi reguler yang saat ini tengah dipasarkan di Thailand.


0 comments:

Post a Comment