Sunday, February 15, 2015

Toyota, Honda dan Nissan Bangun Stasiun Pengisian Hidrogen

Toyota, Honda dan Nissan Bangun Stasiun Pengisian HidrogenTokyo - Tiga pabrikan besar asal Jepang, Toyota Corporation, Nissan Motor Co dan Honda Motor Co berkolaborasi mempercepat pembangunan infrastruktur stasiun hidrogen untuk kendaraan sel bahan bakar (Fuel Cell Vehicle/FCV).

Agar mobil hidrogen menjadi populer, tidak cukup dengan menawarkan produk yang menarik, tetapi infrastruktur pendukung seperti stasiun hidrogen juga harus dikembangkan.

Kini, tiga perusahaan raksasa itu sedang bekerja untuk membangun fasilitas tersebut. Tapi mereka menghadapi kesulitan dalam memasang dan mengoperasikan stasiun itu karena FCV tidak banyak beredar di jalanan.

Setelah rumusan Strategic Road Map untuk Kendaraan Sel Bahan Bakar pada Juni 2014 lalu, pemerintah Jepang telah menyoroti pentingnya mengembangkan infrastruktur stasiun hidrogen secepat mungkin untuk memopulerkan kendaraan sel bahan bakar.

Untuk itu, pemerintah setempat tidak hanya mendukung instalasi stasiun hidrogen dengan cara subsidi. Pemerintah Negeri Sakura itu juga telah memutuskan untuk memperkenalkan berbagai kebijakan tambahan yang ditujukan agar peminat FCV meluas.

Tiga pabrikan besar asal jepang itu juga berharap untuk memopulerkan FCV dan memastikan bahwa kendaraan itu mudah diisi bahan bakarnya. Karenanya, mereka telah menyadari kebutuhan untuk mempromosikan pembangunan infrastruktur stasiun hidrogen bersama pemerintah dan perusahaan infrastruktur.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment