Sunday, February 15, 2015

Karena Kunci Kontak dan Airbag Puluhan Juta Mobil Ditarik di Amerika

Karena Kunci Kontak dan Airbag Puluhan Juta Mobil Ditarik di AmerikaWashington - Pabrikan dari beberapa negara harus menarik jutaan mobilnya di Amerika Serikat sepanjang 2014 lalu, dan total mobil yang ditarik untuk diperbaiki itu mencapai 63,9 juta. Sebagian besar mobil yang ditarik itu disebabkan dua masalah yakni kunci kontak dan airbag yang bermasalah.

Seperti dilansir Los Angeles Times, Minggu (15/2/2015), Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat menyatakan, jumlah mobil yang ditarik sepanjang tahun lalu itu hampir tiga kali lipat dari jumlah penarikan sepanjang 2013. Bahkan dua kali lipat jika dibanding rekor tertinggi sebelumnya, yakni pada 2004.

“Kasus yang terkiat dengan keselamatan berkendara ini dipicu oleh dua masalah besar,” sebut lembaga itu.

Masalah pertama adalah, kerusakan pada kunci kontak yang menyebabkan mobil berhenti secara tiba-tiba. Kasus ini menyebabkan kecelakaan dengan 52 kematian.

Sedangkan penyebab kedua adalah, airbag buatan Takata Corporation yang tak berfungsi dengan baik. Peranti yang digunakan oleh sejumlah mobil dari berbagai produsen itu mengembang tidak semestinya, dan bahkan mekedak dan serpihan logam yang dihasilkannya mengenai pengemudi dan penumpang.

Salah satu produsen yang menggunakan airbag ini adalah Honda Motor Company. Akibat masalah tersebut sedikitnya telah terjadi kecelakaan dan menimbulkan enam korban twwas di Amerika Serikat dan seorang lainnya di luar negara itu.

Selain kedua pabrikan tersebut, produsen mobil yang juga menggunakan airbag Takata adalah Nissan, Subaru, Ford, Chrysler, BMW, Mitsubishi serta Mazda. Semuanya juga melakukan penarikan mobil yang diindikasikan bermasalah dan memperbaikinya.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment